Hasilkan Uang, Dari Usaha Sampingan Budidaya Ikan Cupang Hias

Selain harga yang terjangkau, jenis ikan cupang juga memiliki warna yang begitu beragam dan menarik mata memandang. Maka tak heran banyak orang meraup rupiah dengan cara menjadi pembudidaya cupang. Selanjutnya, untuk cupang betina yang dikawinkan lebih dari satu kali, maka peluang indukan betina untuk menghasilkan anakan jantan akan semakin kecil.

Jika ditekuni terus menerus, kalian akan mendapat keuntungan yang besar. Selain itu, makanan cupang harus diberikan yang terbaik, kutu air salah satunya. Pemberian makan cupang bisa dilakukan tiga kali sampai empat kali dalam sehari. Apalagi saat ini Elang juga aktif membuat lelang Ikan Cupang langsung melalui Instagramnya.

Usaha bisnis ikan cupang

Anda dapat memulai dengan mempelajari dahulu mengenai kharakteristik dari ikan yang akan di pelihara. Selain untuk menyalurkan hobi, memelihara ikan hias juga mendatangkan peluang usahayang sangat menutungkan jika Anda memang terampil dalam merawat dan memasarkan ikan hias. Untuk kisaran harga ikan cupang yang dijual oleh Fathur, dari harga Rp 70 ribu sampai dengan Rp 200 ribu per pasangnya dan tergantung dari kualitas ikan cupang tersebut. Kendati demikian, harga yang telah dipatok hingga puluhan juta ini tak dapat dipukul rata dengan jenis ikan yang sama. Semakin unik dan indah ikan cupang, tentu harga yang ditawarkan akan semakin mahal.

“Awal budidaya harus sedia kutu air three minggu sebelumnya. Dari menetas, kalau tidak punya pakan pasti sulit,” ungkap Didik. Beberapa alat pendukung lainnya bisa didapatkan dengan kreativitas pembudidaya. Sementara, untuk pakan, lakukan budidaya kutu air dan cacing sutera agar lebih hemat. Salah satu cara hemat mendapatkan wadah tersebut adalah dengan menggunakan botol plastik bekas. Anda tak perlu membeli botol bekas ini dalam jumlah banyak sekaligus. Penggunaan stoples bekas juga disarankan untuk mengganti penggunakan akuarium soliter.

Oleh karena itu, anakan yang bisa dijual setiap bulannya setidaknya ada one hundred fifty ekor. Ikan B.splendens merupakan ikan introduksi yang didatangkan dari Thailand, sekitar tahun 1980 sampai 1990-an dengan tujuan memperkaya jenis-jenis ikan hias di Indonesia. Kadang 2-3 hari enggak ada pemasukan tapi besoknya ada yang pesan Rp 14 juta. Untuk per bulannya, Alhamdulillah di bulan lalu bisa dapat omzet di atas Rp a hundred juta,” ujar bandar ikan cupang cilik ini. Ikan cupang juga merupakan spesies ikan tropis yang dapat hidup dengan mudah di rawa-rawa.