Alumni Universitas Airlangga

Pekanbaru, infopublik- Selama masa pandemi Covid-19 di Kota Pekanbaru, ikan cupang menjadi naik daun. Ikan yang dijuluki betta itu, digandrungi bagi kalangan anak-anak, remaja, hingga dewasa. Pada pelatihan ini, diharapkan para pembudidaya dapat merealisasikan ilmu yang didapat dari pelatihan ini sehingga mampu memanfaatkan potensi ikan hias demi menopang perekonomian masyarakat. Menurutnya, gagasan program budi daya ikan cupang tidak akan sulit direalisasikan di Bengkulu mengingat letak geografis dan bentang alam yang sangat mendukung.

Usaha bisnis ikan cupang

Jenis ikan cupang satu ini lebih rentan terhadap penyakit kandung kemih. Nah, bagi yang ingin berbisnis cupang double tail, tidak disarankan untuk membiakkannya dengan jenis cupang lain. Ikan cupang double tail da memiliki dua ekor akibat mutasi genetik. Bergantung pada jenis awal ikan cupang, mutasi yang dialaminya dapat membuat ikan terlihat sangat menarik, tetapi juga lebih pendek dari ukuran cupang biasanya.

BKIPM terus berupaya agar komoditas ikan Indonesia diterima pasar dan memenangkan persaingan dengan menyiapkan pengembangan Cara Karantina Ikan yang Baik . “Untuk harga mulai dari Rp2 ribu sampai Rp15 ribu dan saya punya provider sendiri,” katanya. Kami akan menjaga informasi yang akurat dan terkini, namun Kami tidak dapat menjamin keakuratan informasi.

Umumnya, ikan dewasa tidak boleh diberi makan lebih dari dua kali sehari atau bahkan sekali saja sudah cukup. Namun untuk ikan yang lebih muda membutuhkan dua kali makan per hari. Sesekali dianjurkan untuk membiarkan mereka tidak diberi makanan, hal ini untuk membantu sistem pencernaan mereka beristirahat. Namun pastikan kamu tidak melakukan ini terus menerus, bisa-bisa ikan cupang peliharaan jadi terkena penyakit yang tidak diinginkan.

Langkah selanjutnya ketika akan menjalankan usaha ternak ikan cupang adalah memilih dan mendapatkan induk atau bibit ikan yang berkualitas. Pastikan hanya memilih indukan ikan cupang dari keturunan unggul dan kondisi badannya bugar, bebas penyakit, dan cacat bawaan pada tubuh. Setiap dari kita tentu tidak asing lagi dengan yang namanya ikan cupang. Apalagi, saat ini semakin banyak yang sudah memulai usaha ternak ikan cupang, sehingga jenis ikan ini dengan mudah bisa kita dapatkan di manapun.

Jakarta, acehnews.id — Di masa pandemi Covid-19 ini, bisnis ikan cupang tengah naik daun dan digandrungi oleh berbagai kalangan. Selain sebagai hobi, ikan cupang juga memiliki peluang yang sangat besar untuk diperjualbelikan. Salah satu pembudidaya ikan cupang, Febri Purnomo Marwan mengatakan dirinya mulai ternak ikan cupang hias dari tahun 2019 lalu, bermula dari hobinya memelihara ikan cupang. Karena budidaya ikan cupang tidak memerlukan lahan yang luas, bahkan bisa dilakukam di rumah.

Selain bisa mendatangkan rupiah, bisnis sampingan cupang juga bisa jadi obat stres. Orang benar-benar tidak pernah kehabisan ide untuk mencari cara dan peluang untuk mendapatkan keuntungan, keinginan semacam ini wajar. Artikel ini akan membagikan bagaimana cara berbisnis ikan cupang.

Menurutnya, budidaya cupang juga bisa jadi alternatif usaha di tengah pandemi Corona jika dijalani dengan sungguh-sungguh. Kedua manfaatkanlah keberadaan penghobi ikan cupang yang ada disekitar anda. Masuklah ke dalam komunitas ikan cupang untuk menjadi anggota disana. Didalam komunitas pecinta ikan cupang, anda akan menemukan banyak sekali jaringan pertemanan yang akan membantu anda mengambangkan usaha yang dijalankan. Ketiga, anda bisa memperluas pasar ikan cupang hingga ke mancanegara.