Dorong Bisnis Daring, Rates Berdayakan Kewirausahaan Perempuan

Dari memiliki bisnis, seorang ibu rumah tangga bisa mengetahui suatu sistem kerja untuk menambah wawasan di dunia ekonomi. Seorang ibu rumah tangga bisa punya bisnis sesuai keinginannya karena beberapa alasan yang dimiliki. Beberapa alasan ibu rumah tangga berbisnis karena keinginan untuk mengasah kemampuan setelah menempuh pendidikan tinggi, hingga kekurangan secara finansial untuk memenuhi kebutuhan. Sudah banyak contoh sosok emak-emak yang sukses menjalankan bisnisnya sambil tetap berperan sebagai ibu dan istri hebat.

Menjadi bisnis woman dan seorang ibu

CEO perusahaan batubara PT Bellisima Energi Jaya dan perusahaan kelapa sawit PT Marau Putra Jaya tersebut, sesungguhnya juga masih memiliki usaha resto dan butik. Lagu itu memperlihatkan kejelian Eva, dalam memperhatikan kondisi yang ada di masyarakat. Menurut Nikki, seorang pengelola grup Facebook perempuan tradisional, komunitasnya justru terdiri atas ibu rumah tangga tradisional dari berbagai agama, etnis, usia, dan latar belakang. “Saya mengenal istri-istri tradisional yang menyebut diri hanya sebagai ibu rumah tangga atau istri-istri Kristiani tapi memiliki semua ciri dari gerakan tradisional ini,” ujarnya.

Usaha Jam Oleh- Oleh Etnik Sasambo ini adalah salah satu hasil dari Pekan Kreatif Mahasiswa, yaitu program kewirausahaan di Universitas Mataram. Ibu Icha memiliki misi untuk mengangkat budaya Lombok melalui penjualan jam tangan dengan strap motif etnik khas Lombok. Kopwan meleko Bangkit memproduksi hasil kerajinan bambu yaitu tudung saji, keranjang, serta vas bunga dari bambu. Selain hasil kerajinan, kelompok ini juga menjual hasil kopi dari petani di desa sekitar. Pasca gempa, kelompok Ibu Marnim banyak memberikan dukungan dan bantuan kepada usaha kelompok lain yang terkena dampak gempa. Bisnis.com, JAKARTA — Perbedaan akses terhadap modal menyulitkan perempuan Indonesia memulai bisnis.

Anda harus memastikan bahwa usaha yang Anda dirikan adalah jenis usaha yang Anda minati. Hal itu akan lebih baik apabila ditunjang dengan keahlian dan pengalaman Anda di jenis usaha tersebut. Lakukan analisisBreak Event Pointuntuk menentukan potensi yang ada dalam jenis usaha Anda.

Asupan makanan yang sehat, perawatan diri, dan istirahat dari pekerjaan akan menciptakan keseimbangan kehidupan kerja. Jangan ragu untuk mendelegasikan pekerjaan ke orang lain yang bisa kamu percayai. Untuk mengatasi kendala ini, mompreneur harus membekali diri dengan pengetahuan yang cukup, melebarkan jejaring dan koneksi, serta membuka diri terhadap akses perbankan. Kamu juga sebaiknya menjalin kemitraan dengan sesama pengusaha perempuan. Dalam usia di mana anak-anak membutuhkan bimbingan maksimal dari orang tua mereka, mompreneur memiliki tugas yang sangat berat.